Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Keunggulan Bersaing pada Starbucks Depok

Mumtaz, Nabila Asdianti (Unknown)
Rachmawati, Dwi (Unknown)
Udriyah , Udriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi Green Marketing Starbucks Depok terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan menguji peran Keunggulan Bersaing sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei kuesioner kepada pelanggan Starbucks di Depok, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Analisis Jalur (Path Analysis) dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Ditemukan pula bahwa Green Marketing berpengaruh langsung secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Lebih lanjut, Keunggulan Bersaing terbukti berhasil memediasi hubungan antara Green Marketing dan Keputusan Pembelian. Ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran hijau tidak hanya secara langsung mendorong konsumen untuk membeli, tetapi juga membangun keunggulan kompetitif yang pada hakikatnya memperkuat keputusan pembelian tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...