Pondok pesantren sebagai lembaga Pendidikan Islam yang dipimpin oleh kyai memiliki pendekatan pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga membina dan membentuk karakter santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembinaan karakter disiplin santriwati di Asrama 10 Hurun Inn, mengidentifikasi peran pengurus dalam membina santriwati yang kurang disiplin, dan memberikan wawasan tentang sistem pembinaan yang efektif. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen tasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembinaan yang efektif meliputi keteladanan, pembiasaan, pendekatan spiritual dan personal, serta pengawasan yang efektif. Pengurus berperan sebagai pemimpin, motivator, penjamin keamanan, edukator, dan pembina. Faktor pendukung pembentukan karakter disiplin meliputi kesadaran diri santriwati, aturan yang jelas, lingkungan positif, dan dukungan dari teman dan pengurus. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah latar belakang santri dan kurangnya kesadaran diri.
Copyrights © 2025