ESENSI: Jurnal Riset Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2024): ESENSI: Jurnal Riset Pendidikan

Model Pembelajaran Flipped Learning Untuk Meningkakatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kelas XI MA NW Lenek

Hafizuddin, Muhammad Amerul (Unknown)
Junaidi Akhmad (Unknown)
Ihsan, Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MA NW Lenek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran flipped learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kelas XI MA NW Lenek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan jenis penelitian asosiatif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI  MA NW Lenek sebanyak 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis dengan menggunakan alat analisis SPSS Versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran flipped learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI MA NW Lenek, hal ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan t hitung > t tabel (9,684 > 2,003) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,362 artinya, besarnya pengaruh model pembelajaran flipped learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis akuntansi siswa adalah sebesar 62,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI MA NW Lenek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

esensi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ESENSI: Jurnal Riset Pendidikan (EJRP) is a scientific journal in the field of education that published by Gema Cendekia Institute. The aim of this journal is to publish high quality research in education both using qualitative, quantitative, or mixed methods. This journal is designed and devoted to ...