Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat self-esteem siswa laki-laki dan perempuan dari keluarga broken home di SMP Negeri 12 Padang serta menguji perbedaan signifikan antar keduanya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif komparatif dengan skala Likert berdasarkan empat aspek self-esteem menurut Coopersmith (power, significance, virtue, competence) melalui 40 item pernyataan dan total sampel 51 siswa. Hasil menunjukkan secara umum tingkat self-esteem siswa laki-laki berada pada kategori tinggi (75,83%), demikian pula siswa perempuan (75,28%). Pada siswa laki-laki aspek virtue dan competence lebih menonjol, sedangkan siswa perempuan didominasi aspek virtue. Aspek power dan significance masih menjadi tantangan bagi kedua kelompok. Uji beda menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara tingkat self-esteem siswa laki-laki dan perempuan. Temuan ini mengindikasikan bahwa jenis kelamin tidak memengaruhi tingkat self-esteem siswa broken home di SMP Negeri 12 Padang sehingga intervensi guru BK sebaiknya menitikberatkan pada penguatan aspek power dan significance. Sekolah diharapkan mengembangkan program konseling kelompok dan kegiatan pembinaan kepercayaan diri menyeluruh yang berkelanjutan dan berbasis kekuatan siswa aktif.
Copyrights © 2025