CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Vol. 2 No. 3 (2025): Juli: Education and Community

Pengaruh Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMKN 50 Jakarta Jurusan Pemasaran

Ollavia Sukma Syahkira Jauhari (Unknown)
Nadya Fadillah Fidhyallah (Unknown)
Rizka Zakiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis,  dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar peserta didik SMKN 50 Jakarta Jurusan Pemasaran. Data primer dikumpulkan melalui kuisioner dengan skala Likert enam poin dan data sekunder dari data resmi sekolah terkait. Karakteristik sampel penelitian ini adalah peserta didik SMKN 50 Jakarta Jurusan Pemasaran kelas XI Bisnis Ritel 1 dan XI Bisnis Ritel 2 periode 2023/2024 yang sudah menyelesaikan mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel.  Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS 24 Dengan menggunakan 72 sampel responden.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

carong

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, Sosiologi, Psikologi, Sosial, Budaya, Antropologi. (3) Humaniora: Sastra, Sejarah, Bahasa, ...