Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 8 No. 2 (2025): May-Agustus 2025

Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak melalui Media Boneka Tangan Tematik

Rizka, Sitti Muliya (Unknown)
Bahrun, Bahrun (Unknown)
Mulia, Vani Monita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang krusial untuk ditanamkan sejak dini karena berkontribusi terhadap keterampilan komunikasi, berpikir, interaksi sosial, serta kesiapan anak dalam menghadapi proses pembelajaran di jenjang berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak melalui penggunaan media boneka tangan tematik. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, melibatkan 11 anak sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 6 perempuan dan 5 laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan bertahap kemampuan bahasa anak, dari 42% pada siklus I, menjadi 78,4% pada siklus II, dan 82% pada siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka tangan tematik mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak di TK Bunga Pala. Media ini terbukti efektif dan menarik untuk digunakan dalam mendukung pembelajaran bahasa pada anak usia dini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...