Journal of Elementary School (JOES)
Vol. 8 No. 2 (2025): Journal of Elementary School (JOES)

Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau

Rijal, Akmal (Unknown)
Lokaria, Eka (Unknown)
Ramadini, Nova Asti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media flash card digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media flash card digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau yaitu produk dikategorikan valid dengan hasil validasi dari ahli bahasa sebesar 0,84, ahli media 0,82, dan ahli materi sebesar 0,89. Hasil uji kepraktisan guru dan siswa memperoleh hasil cukup tinggi diantaranya yaitu uji one to one dengan persentase 87,5%, uji small group dengan persentase 85,41% dan angket respon guru dengan persentase 90%. Hasil rata-rata uji kepraktisan sebesar 87,6% dengan kriteria sangat praktis. Media ini dinyatakan cukup efektif berdasarkan hasil pre-test dan post-test siswa dengan perhitungan N-Gain. Rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0,7 dengan kategori tinggi dan N-Gain% sebesar 69,94 dengan interpretasi cukup efektif.   Kata kunci: ADDIE, Flash Card, IPAS, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOES

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Elementary School (JOES) published by Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field and development of teaching practice, ...