Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Kiprah Pendidikan | Oktober 2024

Strategi Pengajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Keterampilan Analitis Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0

Apriani, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pengajaran akuntansi yang mengintegrasikan teknologi dan pendekatan berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan keterampilan analitis mahasiswa pendidikan ekonomi di era Revolusi Industri 4.0. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi mempercepat pemahaman dasar akuntansi, PBL lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan analitis. Kombinasi kedua metode ini dapat meningkatkan keterampilan analitis mahasiswa, tetapi tantangan implementasinya tetap ada, terutama dalam kesiapan dosen dan mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan akuntansi yang lebih adaptif terhadap kebutuhan industri berbasis data dan teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...