Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dalam proses pembelajaran, guru di TK Save The Kids masih menggunakan buku pedoman tanpa memunculkan hal baru/ bahan ajar digital dengan pendekatan STEM. salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan penggunaan bahan ajar digital yang dapat menunjang pengetahuan siswa, kedisiplinan, Tanggung Jawab dan Aktivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan bahan ajar digital terintegrasi STEM yang dilakukan di TK Save The Kids dengan menerapkan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis digital dengan menilai tiga aspek yaitu kedisiplinan, Tanggung Jawab serta aktivitas dalam pembelajaran. Hasil penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan bahan aja berbasis digital terintegrasi STEM dengan menilai 3 aspek yakni kedisplinan, tanggung jawab dan aktivitas dalam pembelajaran melalui angket pengamatan dengan rata-rata nilai perbandingan antara sebelum menerapkan bahan ajar digital mendapatkan nilai rata- rata 57 % dan sesudah menggunakan bahan ajar digital terintegrasi STEM mendapatkan nila rata-rata (91%) yang merupakan kriteria sangat baik sekali, terlihat jelas persentase peningkatan sebesar 28% perbandingan diantara keduanya, penggunaan bahan ajar ini menunjang keefektifan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan bahan ajar tematik berbasis digital terintegrasi STEM menunjang proses pembelajaran kearah yang lebih positif di TK Save The Kids.AbstractBased on observations made by researchers in the learning process, teachers in schools still use guidebooks without creating new things/digital teaching materials with a STEM approach. One effort that can be made is to implement the use of digital teaching materials that can support student knowledge, discipline, responsibilities and learning activities. This research aims to see the effectiveness of using STEM-integrated digital teaching materials carried out at the TK Save The Kids by implementing the effectiveness of using digital-based teaching materials by assessing three aspects, namely discipline, responsibility and activities in learning. The results of research using quantitative methods show that the effectiveness of using integrated digital STEM-based materials is by assessing 3 aspects, namely discipline, responsibility and activity in learning through observation questionnaires with average comparison scores between before applying digital teaching materials getting an average score of 57% and after using STEM integrated digital teaching materials getting an average score (91%) which is a very good criterion, it is clear that the percentage increase is 28% compared between the two, the use of these teaching materials supports student effectiveness in learning. Thus, it can be concluded that the effectiveness of using integrated digital STEM-based thematic teaching materials supports the learning process in a more positive direction at TK Save The Kids.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025