Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat self-efficacy antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMK Abdi Karya Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa, terdiri dari 21 siswa aktif OSIS dan 11 siswa tidak aktif OSIS. Instrumen yang digunakan adalah angket self-efficacy yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta wawancara untuk memperkuat data. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan signifikan dengan nilai signifikasi 0,032 (<0,05). Rata-rata skor self-efficacy siswa aktif OSIS adalah 111,95, lebih tinggi dibandingkan siswa tidak aktif OSIS yaitu 96,55. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlibatan siswa dalam OSIS berkontribusi positif terhadap pengembangan self-efficacy, terutama dalam hal kepercayaan diri, tanggung jawab, dan kemampun menghadapi tantangan.
Copyrights © 2025