Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-magazine berbasis problem based learning (PBL) pada materi energi terbarukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi. E-magazine dikembangkan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D terdiri dari 4 tahap yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) and disseminate (penyebaran). Proses pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan guru dan peserta didik, lalu merancang e-magazine. E-magazine yang telah dirancang divalidasi oleh validator untuk melihat bagaimana kelayakannya. E-magazine yang telah dihasilkan diujicobakan kepada siswa untuk mendapatkan respon terkait penggunaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-magazine berbasis problem based learning (PBL) dinyatakan sangat baik dengan skor validasi materi sebesar 91% dan validasi media sebesar 90%. Produk e-magazine berbasis problem based learning pada materi energi terbarukan mendapatkan respon nilai persentase rata-rata hasil respon guru sebesar 81% dan nilai persentase hasil respon siswa sebesar 84%. E-magazine berbasis problem based learning pada materi energi terbarukan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran tambahan pada jenjang SMA fase E. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melanjutkan penelitian sampai tahap disseminate (penyebaran)
Copyrights © 2025