Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian (JIKK)
Vol 8 No 2 (2025): Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian

IMPLEMENTASI ETIKA PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF: STUDI PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI SEMARANG

Setiawan, Agung (Unknown)
Mastur, Anida Sri Rahayu (Unknown)
Jannah, Rahmawati Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Etika pelayanan publik memegang peranan penting dalam membentuk citra positif suatu institusi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara konseptual bagaimana penerapan etika pelayanan publik dapat meningkatkan citra organisasi, khususnya di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berbasis studi literatur dan teori yang relevan. Analisis difokuskan pada prinsip-prinsip etika seperti kejujuran, integritas, keadilan, dan loyalitas yang dipandang sebagai elemen kunci dalam interaksi pelayanan publik. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan etika pelayanan secara konsisten berpotensi memperkuat persepsi positif masyarakat terhadap lembaga, meningkatkan kepercayaan publik, serta menurunkan keluhan terhadap layanan. Studi ini menyimpulkan bahwa etika pelayanan bukan hanya sebagai kewajiban moral, tetapi juga strategi institusional dalam membangun reputasi dan legitimasi lembaga di mata publik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jikk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

An objective of JIKK: Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of migration research. JIKK: Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian is intended to be the journal for publishing articles reporting the ...