Walada: Journal of Primary Education
Vol. 4 No. 2 (2025): IN PROGRESS

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG BERWAWASAN GLOBAL SEBAGAI DASAR-DASAR PARADIGMA DAN CARA UNTUK MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0

Moh Hamdan Baihaqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Artikel ini membahas betapa pentingnya pendidikan agama Islam yang berwawasankan global dalam menghadapi era Society 5.0. Era ini ditandai sebuah revolusi digital dan perkembangannya teknologi yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka atau analisis konten. Adaapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pendidikan agama Islam yang berwawasan global akan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan multidimensional yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi, demografi global, dan perubahan sosial yang kompleks. Sebagai dasar paradigma, pendidikan agama Islam berwawasan global memungkinkan integrasi nilai-nilai agama, kultural, dan moral yang relevan dengan konteks global. Dalam mempersiapkan para siswa, para pendidik harus menerapkan pendekatan yang holistik dan inklusif. Hal ini melibatkan pengajaran tidak hanya mengenai doktrin dan ritual agama, tetapi juga menekankan pada pemahaman mendalam tentang universalitas dan nilai-nilai humanistik Islam yang dapat diadopsi dalam lingkungan yang beragam. Pendidikan agama Islam berwawasan global juga memberikan jembatan dalam mempromosikan perdamaian, toleransi, dan pemahaman antarbudaya. Pendidikan agama Islam berwawasan global menjadi solusi dalam menghadapi era ini, dengan memberikan landasan moral, mengembangkan kedewasaan epistemologis, dan mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara global yang berkoexistensi harmonis dalam masyarakat berbasis teknologi ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...