Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kesadaran guru tentang memahami kurikulum Merdeka di SMPS IT Darul Azhar Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, tabel observasi, dan dokumen dengan total 6 orang ditanya. Kuesioner yang tersebar adalah kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 1 hingga 5 yang terdiri dari 13 indikator dan 42 deklarasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kebebasan berpikir dan pendidikan karakter membuat siswa lebih aktif dan berani dalam mengekspresikan pendapat, tanggung jawab, dan rasa hormat mereka terhadap pendapat mereka. Guru telah menggunakan sumber belajar yang berbeda untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Guru setuju dengan kebijakan AKM, USBN dan RPP. Namun, guru netral pada kebijakan PPDB. Dalam implementasi program Merdeka di kelas, guru dan siswa dapat berpartisipasi dalam program Merdeka. Guru setuju dengan hasil akademik dibagi menjadi 6 tahap. Keberadaan program mengemudi di sekolah dan platform pengajaran Merdeka membantu para guru meningkatkan kualitas dan pemahaman program Merdeka secara mendalam. Guru setuju dengan keuntungan dari program Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025