Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan technopreneurship sebagai pilar dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Dalam era digital yang berkembang pesat, technopreneurship menjadi pendekatan strategis yang menggabungkan unsur teknologi, kewirausahaan, dan lingkungan bisnis untuk menciptakan peluang usaha berbasis inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa aktif dan menganalisis data menggunakan uji SEM-PLS dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa technopreneurship berpengaruh signifikan terhadap pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistik > 1,98 dan nilai p-value < 0,05 pada seluruh variabel yang diuji. Temuan ini memperkuat pentingnya integrasi technopreneurship dalam kurikulum kewirausahaan, serta perlunya dukungan ekosistem yang mendukung kolaborasi dengan industri dan akses terhadap teknologi. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian merekomendasikan penguatan strategi pembelajaran berbasis praktik, peningkatan fasilitas teknologi, serta pembentukan inkubator bisnis sebagai upaya optimalisasi ekosistem technopreneurship di lingkungan FEB Universitas Pancasila.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025