Penelitian ini mengkaji manajemen literasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berbasis Montessori di sekolah dasar. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ciwaru, Kabupaten Cianjur, yang konsisten menerapkan program literasi berbasis pendekatan Montessori sejak 2021. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen literasi dijalankan secara sistematis mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, hingga pengendalian. Tahap perencanaan dimulai dari asesmen awal, penentuan tujuan program, dan pemilihan media Montessori. Pengorganisasian melibatkan pembentukan tim literasi sekolah dan pembagian peran yang jelas. Pengarahan dilakukan kepala sekolah secara komunikatif dan suportif. Pengkoordinasian dilakukan melalui pedoman teknis dan penyamaan persepsi antar guru. Sementara pengendalian dilaksanakan melalui supervisi dan evaluasi berkala berbasis data perkembangan siswa. Faktor pendukung keberhasilan program meliputi ketersediaan media, dukungan kepala sekolah dan guru, serta keterlibatan orang tua. Kendala utama berupa variasi kesiapan siswa dan kebutuhan waktu yang panjang. Temuan ini menegaskan bahwa manajemen literasi berbasis Montessori dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan prestasi belajar siswa secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025