Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Agustus-September 2025)

Talkie – dari Satu Kata Jadi Ribuan Cerita – Solusi Inovatif Berbasis Design Thinking, Bantu Ibu Atasi Keterlambatan Bicara Anak dengan Penuh Cinta

Atristyanti, Ikhyandini Garindia (Unknown)
Umarat, Adlil (Unknown)
Taryana, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Speech Delay pada anak usia 0-7 tahun merupakan masalah perkembangan yang signifikan di Indonesia, dengan prevalensi mencapai 5-10 persen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan solusi inovatif berbasis Design Thinking yang dapat membantu ibu dengan anak yang mengalami Speech Delay dalam mengatasi keterlambatan bicara anak. Metode penelitian menggunakan pendekatan Design Thinking dari Stanford d.school yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap Empathize, dilakukan wawancara mendalam dengan 9 ibu yang memiliki anak dengan Speech Delay. Tahap Define menghasilkan Problem Worth Solving, yaitu layanan terapi yang tidak efektif, terfragmentasi, berbiaya tinggi, dan kurangnya dukungan sosial. Pada tahap Ideate, dihasilkan solusi berupa aplikasi mobile bernama Talkie dengan empat fitur utama, yaitu Talkie Expert, Talkie Progress, Talkie Support, dan Talkie Play. Prototipe aplikasi dibuat dalam bentuk low-fidelity menggunakan Marvel Apps dan diuji pada 3 ibu, dengan hasil positif pada aspek usability, functionality, solvability, dan payability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Design Thinking efektif dalam menghasilkan solusi yang berpusat pada kebutuhan pengguna dan berpotensi membantu ibu dengan anak yang mengalami Speech Delay untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam terapi bicara anak mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...