Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 5 (2025): In Progress

Meningkatkan Prestasi Belajar dengan Model Pembelajaran Make A Match pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar

Jeniah, Amin (Unknown)
Rigianti, Henry Aditia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Studi ini mengevaluasi dampak model pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan prestasi akademik siswa sekolah dasar dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini didorong oleh rendahnya keterlibatan dan prestasi siswa yang diamati, yang disebabkan oleh kurangnya metode pengajaran interaktif dan terbatasnya partisipasi kelas. Pendekatan Make A Match—di mana siswa berkolaborasi untuk mencocokkan kartu konsep dalam suasana yang menarik—bertujuan untuk mendorong pengalaman belajar yang lebih dinamis dan interaktif. Dengan menggunakan desain pra-tes-pasca-tes kuasi-eksperimental, penelitian ini melibatkan dua kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis dilakukan melalui uji-t sampel berpasangan. Hasil penelitian mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam skor rata-rata, meningkat dari 52,67 menjadi 82,50, didukung oleh nilai-t sebesar 11,02 dan nilai-p sebesar 6,94 × 10?¹², yang mengonfirmasi signifikansi statistik. Di luar keuntungan akademis, model tersebut juga meningkatkan partisipasi, motivasi, dan keterampilan sosial siswa, yang menunjukkan efektivitasnya dalam mendukung perkembangan kognitif dan sosial dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...