Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Model Permainan Edukatif Untuk Stimulasi Motorik Kasar Anak Usia 3–5 Tahun

Kurnia, Marsha Julianti (Unknown)
Sari, Eka Novita (Unknown)
Fachrezzy, Fahmy (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan model permainan edukatif untuk menstimulasi keterampilan motorik kasar anak usia 3–5 tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya aktivitas fisik yang terstruktur untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak pada masa golden age. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg & Gall yang disederhanakan, meliputi tahap identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data awal, perancangan produk, validasi desain, uji coba terbatas, revisi, dan finalisasi produk. Uji coba terbatas dilakukan pada 10 anak, sedangkan implementasi lapangan melibatkan 37 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan edukatif yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini. Model ini memuat berbagai permainan yang dibagi menjadi tiga tingkat kesulitan: mudah, sedang, dan sulit, dengan mengintegrasikan gerak dasar lokomotor, stabilitas, dan manipulatif. Temuan ini menunjukkan bahwa permainan dapat menstimulasi keseimbangan, koordinasi, dan keterampilan motorik kasar anak secara menyenangkan dan aman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...