Minat belajar siswa sekolah dasar terhadap materi sistem pencernaan manusia masih tergolong rendah disebabkan oleh penyampaian materi yang cenderung monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis Android yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa secara interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah model pengembangan analysis (Analisis), design (Desain), development (Pengembangan), implementation (Implementasi), dan evaluation (Evaluasi) (ADDIE), yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Game dikembangkan menggunakan perangkat lunak Unity dan diujicobakan kepada 27 siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Samarinda Seberang. Game ini memiliki tiga fitur utama, yaitu penyajian materi, permainan susun kata, dan kuis interaktif yang mampu menarik minat siswa serta memudahkan pemahaman konsep sistem pencernaan. Validasi dari ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 96,43%, sedangkan validasi dari ahli media mencapai 100%, keduanya termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil uji coba terhadap siswa menunjukkan respons yang sangat positif dengan tingkat kelayakan sebesar 97%. Penelitian ini menawarkan pendekatan baru dengan menggabungkan teknologi digital dan unsur permainan edukatif, sehingga dapat menjadi media pembelajaran inovatif di sekolah dasar di bidang Biologi, khususnya untuk materi Sistem Pencernaan Manusia.
Copyrights © 2025