Matematika memiliki kontribusi yang sangat besar dalam kehidupan manusia, karena diterapkan dalam berbagai aspek ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika adalah komunikasi matematis, yaitu cara siswa menyampaikan dan memahami gagasan matematika secara lisan, tertulis, maupun melalui media lain seperti gambar, tabel, diagram, rumus, dan demonstrasi. Untuk itu, kemampuan komunikasi matematis yang baik sangat penting bagi siswa. Selain itu, literasi digital juga menjadi keterampilan yang sangat penting di era digital ini. Literasi digital mencakup kemampuan untuk memanfaatkan, mengevaluasi, dan menerapkan informasi yang diperoleh dari sumber digital dengan cara yang aman dan efektif. Hal ini tidak hanya melibatkan keterampilan dalam menggunakan perangkat teknologi, tetapi juga kemampuan untuk mengeksplorasi dan menyaring informasi secara kritis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan bagaimana teknologi digital dapat mendukung pembelajaran matematika dan bagaimana literasi digital berperan dalam proses ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembelajaran matematika, namun variasi kemampuan literasi digital siswa menunjukkan bahwa hanya menyediakan akses ke teknologi saja tidak cukup untuk menjamin keberhasilan pembelajaran. Dibutuhkan pendekatan yang lebih terarah dan terstruktur untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi digital mereka, agar dapat memanfaatkan teknologi secara efektif. Dengan dukungan yang memadai, siswa diharapkan dapat memaksimalkan pemahaman dan penerapan konsep matematika melalui pemanfaatan teknologi secara optimal.
Copyrights © 2025