KIDDO: Jurnal pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 6 No. 2 (2025)

Analisis Dimensi Beban Kerja Guru PAUD di Kota Pangkalpinang: Tantangan dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini

Fiatunnabilah, Diliya Luth (Unknown)
Nelva Rolina (Unknown)
Prayitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Beban kerja guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan isu penting dalam proses pendidikan karena tingginya tuntutan tugas yang harus di penuhi berpotensi mempengaruhi kualitas pembelajaran dan kesejahteraan guru, terutama jika tidak diimbangi dengan dukungan yang memadai. Kondisi ini semakin relevan di wilayah dengan karakteristik sosial-geografis yang khas, seperti Kota Pangkalpinang, di mana penelitian terdahulu belum banyak memetakan beban kerja berdasarkan dimensi kuantitatif yang spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat beban kerja guru PAUD melalui empat indikator utama, yaitu tugas pokok, tugas tambahan, waktu yang tersedia, dan target yang harus dicapai, untuk mengetahui sejauh mana kondisi tersebut mempengaruhi kinerja dan kesejahteraan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik total sampling terhadap 52 guru PAUD di Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang. Data dikumpulkan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja guru PAUD berada pada kategori tinggi (76%–100%) untuk indikator tugas pokok (95,4%) dan target yang harus dicapai (78,3%), sedangkan indikator tugas tambahan (72,8%) dan waktu yang tersedia (70,4%) berada pada kategori cukup tinggi (56%–75%). Temuan ini mengindikasikan komitmen tinggi guru dalam menjalankan peran utama, meskipun masih menghadapi tekanan dari tugas tambahan dan keterbatasan waktu. Penelitian ini menegaskan pentingnya distribusi tugas yang proporsional serta dukungan kelembagaan untuk mencegah penurunan kualitas pembelajaran dan menjaga kesejahteraan guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kiddo

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini accepts unpublished, original manuscripts in Indonesia or English, based on research from quantitative, qualitative, mixed research methodology, or any methodology related with early childhood education include; Early childhood ...