Penelitian ini dilaksanakan di SD Adi Widyalaya Suar Dwipa Giri Mekar yang bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I dengan media konkret. Penelitian ini menyoroti masalah rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas I di SD Adi Widyalaya Suar Dwipa Giri Mekar dan upaya meningkatkannya melalui pembelajaran dengan media konkret. Dalam penelitian tindakan kelas, terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus awal hingga siklus akhir. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari siklus ke siklus, dengan hasil tertinggi pada siklus II, menunjukkan efektivitas pembelajaran dengan media kongkret. Dengan demikian, penggunaan media kongkret dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, memperkuat partisipasi mereka, dan memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu, disarankan agar pembelajaran dengan media kongkret diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan materi lainnya di sekolah dasar, dengan penyesuaian terhadap karakteristik pembelajaran dan kebutuhan siswa. Selain itu, penelitian ini juga mendorong peneliti lain untuk mengeksplorasi aspek-aspek yang belum sempurna dalam penerapan media kongkret dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025