Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting abad 21 yang perlu dikembangkan melalui pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Swasta Husni Thamrin Medan, yang dibagi menjadi dua kelas: kelas eksperimen menggunakan model PBL dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes berpikir kritis dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model PBL lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Disarankan agar guru matematika mempertimbangkan penggunaan model PBL dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025