Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol. 3 No. 4 (2025): Agustus : Jurnal Pendidikan Berkarakter

IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) UNTUK PENINGKATAN MUTU BERKELANJUTAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Pukada, Michael Alan Hirdi (Unknown)
Stefanus Christian Relmasira (Unknown)
Danny Manongga (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Di tengah tantangan global dan tuntutan peningkatan mutu pendidikan, lembaga pendidikan memerlukan kerangka kerja manajemen yang sistematis untuk memastikan relevansi dan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan model implementasi Total Quality Management (TQM) yang komprehensif sebagai strategi untuk peningkatan mutu berkelanjutan di lembaga pendidikan. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi pustaka, penelitian ini mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis berbagai literatur primer dan sekunder yang relevan. Temuan utama menunjukkan bahwa implementasi TQM yang efektif harus didasarkan pada lima pilar yang saling terintegrasi: kepemimpinan transformasional yang visioner, perencanaan strategis yang berpusat pada pelanggan, manajemen proses pembelajaran yang berfokus pada keterlibatan siswa, kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, serta siklus evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa TQM menawarkan sebuah model holistik yang memungkinkan lembaga pendidikan untuk tidak hanya memenuhi standar, tetapi juga membangun budaya mutu yang adaptif dan inovatif, sehingga mampu menghasilkan peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan secara signifikan dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Pendekar

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences

Description

Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra, Olahraga dan Kesehatan, Matematika dan MIPA, Teknologi dan Kejuruaan, Ilmu Pendidikan dan ...