Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 7, No 1 (2025): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV

Hasanah, Zahrotul (Unknown)
Destiani, Nisrina (Unknown)
Aprilia, Riska (Unknown)
Suwarma, Dina Mayadiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian terkait implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut perlu diidentifikasi, dianalisis perkembangannya, dan ditarik kesimpulan secara umum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai saran bagi kemajuan peneliti dan praktisi di pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tren penelitian dan mengidentifikasi dan mengklasifikasikan seluruh hasil penelitian yang berkaitan dengan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa di Indonesia pada tahun 2019-2024. Penenlitian ini menggunakan metode studi literatur. Terdapat 15 artikel terkait yang dianalisis dalam penelitian ini. Hasil studi literatur menunjukkan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan kolaborasi siswa paling banyak dilakukan pada tahun 2023 serta subjek penelitian terbanyak pada siswa SD. Secara umum model Problem Based Learning mampu memberikan dampak positif atau meningkatkan kemampuan kolaborasi siwa. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi para peneliti dalam melakukan penelitian dan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...