Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol. 13 No. 2 (2025): Mei - Agustus 2025

KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

Soneta, Ela (Unknown)
Novianti, Amelia (Unknown)
Oqtavia, Mutya (Unknown)
Renawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi antara guru dan orang tua dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini di TK Negeri 001 Bunguran Timur Laut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan dilaksanakan pada tanggal 2–5 Juni 2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, dengan informan terdiri dari guru, kepala sekolah, dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orang tua secara aktif bekerja sama dalam menumbuhkan sikap mandiri anak melalui berbagai kegiatan, yaitu bercerita, bermain peran, observasi langsung (melihat secara nyata), dan menonton video edukatif tentang kemandirian. Guru memberikan pembiasaan dan stimulasi di sekolah, sementara orang tua mendukung dengan memberikan kesempatan praktik di rumah. Kegiatan tersebut terbukti efektif dalam menumbuhkan sikap mandiri, tanggung jawab, serta kepercayaan diri pada anak. Komunikasi yang terjalin secara rutin antara guru dan orang tua, baik melalui pertemuan langsung maupun media daring, menjadi kunci keberhasilan kolaborasi tersebut. Dengan demikian, kolaborasi yang erat dan berkesinambungan antara guru dan orang tua berperan penting dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini, khususnya di lingkungan pendidikan taman kanak-kanak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...