Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol. 13 No. 2 (2025): Mei - Agustus 2025

UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE STORYTELLING DI PAUD AN-NUR KABUPATEN LEBONG

Saleha, Nissrina Nuha (Unknown)
Nirwana, Evi Selva (Unknown)
Andani, Fidhia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami upaya guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui metode storytelling di PAUD An-Nur Kabupaten Lebong. Anak usia 5–6 tahun di lembaga ini menunjukkan perkembangan bahasa yang masih terbatas, seperti ketidakmampuan menyampaikan cerita secara runtut dan minimnya partisipasi dalam kegiatan bercerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan anak usia dini sebagai subjek utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling digunakan guru untuk merangsang minat berbicara anak, memperkaya kosakata, mengenalkan struktur kalimat, meningkatkan pemahaman bahasa, dan melatih kemampuan menyampaikan cerita. Meskipun terdapat hambatan seperti perbedaan latar belakang bahasa ibu dan rendahnya kepercayaan diri anak, guru mampu mengatasinya melalui lingkungan belajar yang kondusif, kreativitas dalam pembelajaran, serta dukungan orang tua. Metode storytelling terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...