Jurnal Mirai Management
Vol 10, No 2 (2025)

Penggunaan Digital Marketing Dalam Pelaku Umkm: Metode Literature Review

Rahayu Ningsih, Lilis Sugi (Unknown)
Anah, Lik (Unknown)
Laili, Choirun Nisful (Unknown)
Miftakhul Choir, Radetya Bintang (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Pemakaian sosial media menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan skala mikro kecil menengah karena perusahaan tersebut belum dapat maksimal dalam pemakaian sosial media menjadi strategi promosi usahanya. Tingkat pengetahuan UKM pada media social sebagai media pemasaran digital di Indonesia masih tergolong rendah sehingga dapat mempersulit pelaku usaha untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini akan difokuskan untuk menjelaskan kontribusi digital marketing yang diimplementasikan pelaku UMKM. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis dan menjelaskan kontribusi serta peranan digital marketing bagi pelaku UMKM. Metode yang dipakai pada riset ini yaitu studi pustaka (literature review) dengan objek penelitian berupa kontribusi digital marketing yang digunakan oleh pelaku UMKM. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh secara online dari literatur maupun kajian terdahulu yang selanjutnya dianalisis secara deduksi-induksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing menjadi upaya yang efektif untuk meningkatkan perkembangan sektor pertumbuhan UMKM di Indonesia. Hal ini disebabkan penggunaan digital marketing memiliki keuntungan besar sebab dengan adanya kontribusi digital marketing. Meskipun demikian berdasarkan beberapa literatur tersebut menunjukkan bahwa pelaku UMKM masih memiliki pemahaman yang rendah terkait dengan pemanfaatan digital marketing sebagai upaya dalam mempromosikan usahanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...