LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2025)

KETERSEDIAAN SARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN

Nainggolan, Elfrida (Unknown)
Sihotang, Din Oloan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

This research is motivated by the importance of learning resources in supporting the effectiveness of teaching and learning motivation, particularly in Catholic Religious Education (PAK) subjects that require an understanding of spiritual values. The focus of this research is to analyze the availability of PAK learning resources at Budi Murni 2 Medan Private Catholic Elementary School and describe its influence on student learning motivation. As a crucial step, this research uses a qualitative approach with a case study method, where data is collected through observation, in-depth interviews with teachers and students, and documentation. The main findings indicate that the availability of learning resources at the school is adequate and diverse, including textbooks, Bibles, liturgical props, and digital devices such as projectors. The use of these varied resources has been proven to contribute significantly to increasing student learning motivation, which is characterized by enthusiasm, active participation in discussions, and high interest during the learning process. In conclusion, there is a strong positive relationship between the availability of adequate learning resources and student learning motivation in PAK lessons, where the use of interactive media is a key factor.. ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran sarana pembelajaran dalam menunjang efektivitas pengajaran dan motivasi belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) yang menuntut pemahaman nilai-nilai spiritual. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis ketersediaan sarana pembelajaran PAK di SD Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan dan mendeskripsikan pengaruhnya terhadap motivasi belajar peserta didik. Sebagai langkah penting, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Temuan utama menunjukkan bahwa ketersediaan sarana pembelajaran di sekolah tersebut tergolong memadai dan beragam, mencakup buku teks, Alkitab, alat peraga liturgis, hingga perangkat digital seperti proyektor. Penggunaan sarana yang variatif ini terbukti berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yang ditandai dengan antusiasme, partisipasi aktif dalam diskusi, dan minat yang tinggi selama proses pembelajaran. Kesimpulannya, terdapat hubungan positif yang kuat antara ketersediaan sarana pembelajaran yang memadai dengan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PAK, di mana pemanfaatan media yang interaktif menjadi faktor kunci.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...