Journal of Elementary Education Research
Vol 3, No 2 (2024): Agustus

Implementasi Model Pembelajaran Asyik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI

Njuliati, Njuliati (Unknown)
Azis, Abd (Unknown)
Syaifuddin, Selamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskrisikan implementasi dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi model pembelajaran “ASYIK” (Aman Senang Yakin Inovatif dan Kreatif) untuk meningkatkan motivasi belajar anak di Kelas 2 di MITQ Ndholo Kusumo Tlogosari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif penelitian lapangan (field research). Data dalam penelitian bersumber dari sumber primer (informan kunci) yaitu: guru kelas II dan siswa kelas II MITQ Ndholo Kusmo, dan sumber sekundernya yaitu kepala sekolah MITQ Ndholo Kusmo dan pengasuh PPTQ Ndholo Kusmo. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu redukasi data (Data Reducation), Penyajian data (Data Display), Verifikasi (Clanclusion drawing) dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran “ASYIK” (Aman Senang Yakin Inovatif dan Kreatif) untuk meningkatkan motivasi belajar anak di Kelas 2 di MITQ Ndholo Kusumo Tlogosari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati adalah melalui a) Kegiatan perencanaan yang meliputi menganalisi kebutuhan anak, pemilihan mata pelajaran dan tema yang disampaikan, memantapkan tujuan pembelajaran, mengembangkan materi dan yang terakhir memantapkan metode, model pembelajaran dan menyiapkan sumber dan media untuk kegiatan pembelajaran b) Kegiatan pelaksanaan yang terdiri dari pelaksanaan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. c) Kegiatan evaluasi meliputi: melaksanakan penilaian akhir, mengkaji penilaian dan melaksanakan kegiatan tindak lanjut. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam implementasi model pembelajaran “ASYIK” (Aman Senang Yakin Inovatif dan Kreatif) untuk meningkatkan motivasi belajar anak di Kelas 2 di MITQ Ndholo Kusumo Tlogosari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati adalah faktor pendukungnya meliputi cita-cita atau apresiasi siswa yang tinggi, kondisi siwa yang baik, kondisi lingkungan yang baik. Faktor Penghambatnya meliputi faktor kesehatan dan sering hilanganya alat untuk belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeer

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Elementary Education Research (JEER) is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education, especially at elementary schools. Journal of Elementary Education Research (JEER) emphasizes the study of elementary education and Islamic elementary education. We invite ...