Journal of Elementary Education Research
Vol 3, No 2 (2024): Agustus

Studi Dampak Pengembangan Diri Guru Kelas Menggunakan Platform Medeka Belajar

Aini, Nafissatul (Unknown)
Kusmawati, Heny (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan diri guru kelas 4B menggunakan platform merdeka belajar di SD Islam Kauman Pati Tahun Pelajaran 2022/2023.Untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang dampak pengembangan diri guru kelas 4B menggunakan platform merdeka belajar di SD Islam Kauman Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Manfaat teoritis menambah pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah, khususnya terkait dengan pengembangan diri guru menggunakan platform merdeka belajar. Manfaat praktis dari penelitian ini adalah bagi sekolah memberikan konstribusi pemikiran, masukan serta bahan evaluasi bagi semua pihak yang terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan SD/MI. Bagi Guru sebagai pijakan dalam meningkatkan kualitas pengajaran di bidang pendidikan terutama di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah terutama bagi guru kelas di SD/MI. Bagi Siswa sebagai pedoman dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang guru ajarkan, terutama guru kelas. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif penelitian ini dilakukan di SD Islam Kauman Pati. pada bulan Juni- Juli 2023 sumber data primernya yaitu kepala sekolah dan guru kelas IV sedangkan sumber data skundernya yaitu visi misi struktur guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah data terkumpul, analisa data menurut Miles dan Huberman, analisis data kualitatif melibatkan interaksi dan persistensi jangka panjang, yang menghasilkan data yang tidak lengkap,aktifitas dalam analisis informasi yaitu informasi, pengajian informasi, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis ini sangat penting bagi guru SD Islam Kauman Pati agar bisa menubuhkan ide-ide yang cemerlang sehingga diperlukan 4 strategi guru diantaranya: (1) Studi Dampak Pengembangan Diri Guru Kelas 4B Menggunakan Platform Merdeka Belajar (2) Langkah-langkah pengembangan diri guru (3) Evaluasi Pengembangan diri guru (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan pengembangan diri di SD Islam Kauman Pati. terdapat beberapa faktor pendukung diantaranya semangat guru dalam menjalankan tugas, makna merdeka belajar, setiap siswa mneghasilkan produk. faktor penghambat meliputi guru dituntut maksimal hingga lalai administrasi sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeer

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Elementary Education Research (JEER) is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education, especially at elementary schools. Journal of Elementary Education Research (JEER) emphasizes the study of elementary education and Islamic elementary education. We invite ...