Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 6 (2025): Agustus

Meningkatkan Minat Baca Anak Desa Lubuk Baru Melalui Pojok Baca di SDN 69 OKU

Pratiwi, Tassya (Unknown)
Yusnilita, Nopa (Unknown)
Fatimah, Siti (Unknown)
Mutiza, Mutiza (Unknown)
Wahyuni, Ratna Aprilia (Unknown)
Putri, Selfiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi anak-anak di SDN 69 OKU Desa Lubuk Baru melalui pendirian pojok baca sebagai sarana belajar yang menyenangkan dan mudah diakses. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi yang melibatkan siswa, guru, dan masyarakat sekolah. Langkah-langkah pelaksanaannya meliputi identifikasi kebutuhan, perencanaan ruang pojok baca, pengumpulan dan pengelompokan buku berdasarkan tema, serta dekorasi ruang baca yang menarik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa keberadaan pojok baca mampu meningkatkan minat baca siswa secara signifikan. Anak-anak menjadi lebih aktif membaca pada waktu luang seperti saat istirahat dan setelah jam pelajaran. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil membangun keterlibatan guru sebagai fasilitator literasi serta menciptakan budaya membaca yang positif di lingkungan sekolah. Secara keseluruhan, pojok baca terbukti efektif  dalam pengembangan literasi anak usia sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...