Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan Bingo terhadap keterampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian 19 siswa kelas Va sebagai kelompok eksperimen dan 19 siswa kelas Vb sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes lisan dengan gambar cerita dan lembar observasi keterlaksanaan permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan permainan Bingo berada pada kategori sangat baik dan memberikan suasana belajar yang menyenangkan. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,37 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 67,53. Uji-t menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan media permainan Bingo terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian, permainan Bingo efeketif digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Copyrights © 2025