Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2025): Agustus 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD

Pebrianti, Endang (Unknown)
Utami, Eva Mustika (Unknown)
MF, Elvidio Gracia (Unknown)
Fikriyah, Fikriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di SD Negeri 2 Tukmudal melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata keaktifan siswa pada siklus I mencapai 78,9%, kemudian meningkat menjadi 90,3% pada siklus II. Peningkatan keaktifan ini terlihat terutama pada aspek kemampuan berkomunikasi secara lisan dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT memberikan dampak positif terhadap keaktifan belajar siswa. Model ini mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kompetitif, sehingga mendorong siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 2 Tukmudal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...