Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 03 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Agustus 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Tri Hita Karana Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 3 Batuan Tahun Pembelajaran 2024/2025

Anzelina, Dewi (Unknown)
Oktayanti, Sang Ayu Putu Diah (Unknown)
Prameswari, I Gusti Ayu Andini (Unknown)
Dewi, Ni Komang Tania Kartriana (Unknown)
Widiani, Ni Luh Putu Prika (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis nilai-nilai Tri Hita Karana terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 3 Batuan. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan bentuk one group pre-test-post-test. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes esai kemampuan berpikir kritis yang dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan skor post-test dibandingkan pre-test. Model pembelajaran inkuiri yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Tri Hita Karana terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan ini juga mendukung penguatan karakter melalui nilai spiritual, sosial, dan ekologis yang relevan dengan konteks budaya lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...