Penelitian ini lahir dari permasalahan utama yaitu rendahnya prestasi belajar siswa yang diasumsikan kuat disebabkan oleh metode ajar yang monoton dan kurang melibatkan interaksi, keterbatasan media pembelajaran yang digunakan, serta minimnya kesempatan untuk siswa guna melaksanakan partisipasi aktif dalam proses belajar. Rendahnya hasil belajar siswa IPA disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif, sehingga siswa kurang terdorong untuk berpikir kritis maupun aktif dalam mengikuti pembelajaran. Fokus penelitian diarahkan untuk memperluas mana penerapan video YouTube yang dikombinasikan dengan model pembelajaran flipped class mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Plus Miftahul Ulum Kalisat pada topik ekologi dan keanekaragaman hayati. Metode yang dipilih yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan gabungan antara deskriptif kualitatif serta kuantitatif, dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi secara berurutan. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VII-D. Pemilihan PTK dimaksudkan untuk mengatasi masalah praktis dalam pembelajaran melalui perbaikan berkelanjutan yang sistematis dan terukur, berdasarkan observasi langsung di kelas. Pengumpulan data utama menggunakan posttest sebagai alat ukur hasil belajar siswa. Selain data kuantitatif berupa nilai, penelitian ini juga mengumpulkan data kualitatif terkait respon, motivasi, dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Temuan yang diperoleh menyatakan terdapat peningkatan signifikan prestasi belajar siswa setelah penggunaan video YouTube dengan model flipped class, terbukti dari peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari 68% pada siklus pertama menjadi 80% pada siklus kedua, yang sudah melewati standar ketuntasan minimal sebesar 75%. Temuan ini memotivasi guru guna mengoptimalkan YouTube sebagai media pembelajaran inovatif di sekolah berbasis pesantren.
Copyrights © 2025