Remaja berada pada tahap perkembangan penting yang ditandai dengan pencarian jati diri dan peningkatan tuntutan akademik, namun banyak di antara mereka yang menunjukkan keyakinan diri yang rendah dalam proses belajar. Rendahnya efikasi diri akademik dapat berdampak negatif terhadap motivasi, ketekunan, dan pencapaian akademik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja mengenai konsep efikasi diri akademik dan memperkenalkan metode SMART Goals sebagai strategi dalam membangun kepercayaan diri dalam belajar. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk seminar psikoedukatif secara luring selama 120 menit, diikuti oleh 22 remaja SMA peserta kelas pendalaman Alkitab di sebuah gereja. Metode yang digunakan meliputi pre-test, diskusi studi kasus, penyampaian materi, praktik penyusunan SMART Goal, sharing hasil, post-test, dan refleksi. Meskipun terdapat kendala seperti keterlambatan peserta dan terbatasnya fasilitator akibat cuaca buruk, kegiatan tetap berlangsung dengan partisipatif dan efektif. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep efikasi diri akademik dan strategi penyusunan tujuan belajar yang terstruktur. Peserta juga menunjukkan antusiasme dalam berbagi pengalaman dan merumuskan tujuan belajar yang relevan dengan kebutuhan pribadi mereka. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan psikoedukatif yang sederhana, kontekstual, dan interaktif mampu meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya efikasi diri dalam belajar serta membekali mereka dengan keterampilan dasar dalam perencanaan akademik.
Copyrights © 2025