SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 3 (2025)

PENGARUH PERMAINAN LUDO KIMIA BERBASIS ANDROID MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA FASE E SMK

Maharani, Denisa (Unknown)
Iswendi, Iswendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

This research is part of the development of an Educational Design Research (EDR) model using the Plomp approach, which has previously been proven valid, practical, and effective, but has not yet been specifically tested in terms of its effect on learning outcomes. This study aims to examine the influence of using an Android-based chemistry ludo game as a learning medium on students' learning outcomes in redox reaction material. The method employed was a pretest-posttest control group design, with samples randomly selected from a homogeneous population. The research subjects consisted of two Grade X classes at SMK SMAK Padang, namely class X8 as the experimental group and class X4 as the control group. The instruments used in this study were learning outcome tests and questionnaires. The collected data were analyzed using a t-test to test the research hypothesis. The results of the hypothesis test showed that the t-value (2.8337) was greater than the t-table value (1.9989) at a significance level of ? = 0.05. Therefore, it can be concluded that the use of Android-based chemistry ludo game media in redox reaction material has a significant positive effect on improving students’ cognitive learning outcomes at Phase E of vocational high school. ABSTRAKPenelitian ini merupakan bagian dari pengembangan model Educational Design Research (EDR) dengan pendekatan Plomp yang sebelumnya telah terbukti valid, praktis, dan efektif, namun belum diuji secara khusus dari segi pengaruhnya terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media permainan ludo kimia berbasis Android terhadap hasil belajar peserta didik pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Metode yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan sampel yang dipilih secara acak dari populasi yang homogen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas X di SMK SMAK Padang, yaitu kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar kognitif peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,8337 lebih besar dari ttabel sebesar 1,9989 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan ludo kimia berbasis Android pada materi reaksi reduksi dan oksidasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada ranah kognitif di fase E SMK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...