Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 5 No. 3 (2025): September 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SDN 43 Ampenan Tahun Ajaran 2024/2025

Fahrani Wal Marjan, Luluk (Unknown)
Husniati, Husniati (Unknown)
Turmuzi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen jenis one group pre-test post-test design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 45 orang. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model PBL, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, terutama dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...