Teknologi digital telah menjadi bagian penting dalam pendidikan, namun masih terdapat kesenjangan dalam literasi digital di kalangan guru. Keterbatasan infrastruktur, variasi tingkat komitmen kerja, dan kedisiplinan juga berpengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital, kedisiplinan, dan komitmen kerja terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto dengan desain causal research, di mana variabel bebas telah terjadi secara alami tanpa manipulasi dari peneliti. Populasi penelitian adalah seluruh guru yang berjumlah 54 orang, sehingga seluruhnya dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner dan lembar observasi untuk mengumpulkan data tentang literasi digital, kedisiplinan, komitmen kerja, dan kinerja guru, yang dianalisis melalui statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, regresi sederhana dan ganda, serta korelasi parsial dan ganda dengan bantuan SPSS. Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital berkontribusi sebesar 76,2%, kedisiplinan 75,6%, dan komitmen kerja memiliki kontribusi tertinggi sebesar 86,5% terhadap kinerja guru. Secara simultan, ketiga variabel ini memberikan kontribusi sebesar 92,3% terhadap peningkatan kinerja guru. Dengan demikian, peningkatan literasi digital, kedisiplinan, dan komitmen kerja dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas kerja guru serta kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bagi sekolah, guru, dan pemerintah dalam meningkatkan kinerja guru melalui literasi digital, kedisiplinan, dan komitmen kerja, serta menjadi referensi bagi penelitian lanjutan dalam administrasi pendidikan.
Copyrights © 2025