Economics and Digital Business Review
Vol. 7 No. 1 (2025): Agustus - Januari

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Rahmat Jaya Global Pada Layanan Pengiriman Alat Berat

Agustiyana, Rosela (Unknown)
Permadi, Hendra (Unknown)
Masrifah, Ifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Rahmat Jaya Global, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman alat berat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 42 responden pelanggan aktif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan serangkaian uji statistik, termasuk uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan mereka. Semakin baik kualitas layanan yang dirasakan, maka semakin tinggi pula kepuasan yang diperoleh. Nilai koefisien determinasi (R²) 72,1% menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan mampu menjelaskan sebagian besar variasi dalam kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya yaitu 27,9%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tercakup dalam model regresi ini. Kemudian nilai t hitung 10,163 lebih besar dari t tabel 2,20108, menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini adalah pentingnya bagi pihak manajemen PT. Rahmat Jaya Global untuk terus memperkuat kualitas layanan guna meningkatkan loyalitas pelanggan secara berkelanjutan. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...