Issues in Mathematics Educations (IMED)
Vol. 9 No. 2 (2025): Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Deskripsi Motivasi dan Minat Keikutsertaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNM Terhadap Keikutsertaan dalam Program Kampus Mengajar

Rosidah, Rosidah (Unknown)
Djam’an, Nurwati (Unknown)
Hasan, Hasniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan minat mahasiswa program studi pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar terhadap keikutsertaannya dalam program Kampus Mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap 69 subjek penelitian, terdiri mahasiswa angkatan 5, 6, dan 7 program Kampus Mengajar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket terhadap seluruh subjek dan 6 informan melalui wawancara mendalam yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Selanjutnya pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Seluruh hasil angket dan wawancara kemudian dianalisis dengan melalui 4 tahapan yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil analisis yang pertama adalah terdapat 6 motivasi mahasiswa mengikuti program Kampus Mengajar. i) adanya konversi maksimal 20 SKS, ii) pengembangan diri, iii) adanya Bantuan Biaya Hidup (BBH) dan pengurangan Uang Kuliah Tunggal (UKT), iv) kontribusi sosial, v) persiapan masa depan, vi) memperoleh penghargaan berupa sertifikat dari Kemendikbudristek. Selanjutnya yang kedua minat mahasiswa dalam mengikuti program Kampus Mengajar terbagi menjadi 3 dimensi, i) dimensi kognitif, mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup tentang program. ii) dimensi emosional, mahasiswa menunjukkan respon positif dan antusias terhadap program, dengan ketertarikan pada manfaat pengalaman baru dan kontribusi sosial. iii) dimensi konatif, mahasiswa menunjukkan komitmen yang tinggi untuk berpartisipasi aktif dan merekomendasikan program. Secara keseluruhan, minat mahasiswa didorong oleh pemahaman tentang manfaat praktis, antusiasme emosional, dan komitmen untuk terlibat aktif dalam program. Kata Kunci: Motivasi, Minat, Program Kampus Mengajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IMED

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...