Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penguasaan kalimat efektif dan diksi terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa semester awal Program Studi Manajemen Universitas Islam Bandung (Unisba). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih rendahnya kualitas tulisan ilmiah mahasiswa yang ditandai dengan kalimat tidak efektif, pilihan kata yang tidak tepat, serta struktur kalimat yang membingungkan. Penelitian menggunakan metode mix method dengan pendekatan eksploratif dan studi kasus. Data dikumpulkan melalui pretest, intervensi pembelajaran, dan posttest, serta dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi tulisan mahasiswa. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai 56,28 yang meningkat signifikan menjadi 81,64 pada posttest. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar 21,67 dengan p-value < 0,0001, mengindikasikan perbedaan yang sangat signifikan sebelum dan sesudah intervensi. Temuan ini memperkuat bahwa penguasaan kalimat efektif dan diksi berkontribusi langsung terhadap peningkatan kemampuan menulis akademik mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan materi kebahasaan melalui pendekatan kontekstual dan eksploratif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi.
Copyrights © 2025