Jurnal Studi Edukasi Integratif
Vol 2 No 1 (2025)

Motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia: Systematic literature review

Taufiqi, Achmad Rizal (Unknown)
Darni, Darni (Unknown)
Raharjo, Resdianto Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kompleksitas yang melekat mulai dari institusi pendidikan hingga pada siswa sendiri terlihat jelas akan mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian ini mengidentifikasi berbagai faktor yang memengaruhi motivasi belajar, menganalisis strategi pembelajaran yang efektif, serta mengevaluasi peran guru dan pemanfaatan teknologi—khususnya media video—dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi literatur. Artikel ini menyaring berbagai literatur dari tahun 2020-2025 melalui database Publish or Perish dengan fokus penelitian yang tersebar dalam Google Scholar. Teknik pembahasan menggunakan Systematic Literature Review ini memanfaatkan PRISMA dan VOSViewer. Temuan menunjukkan bahwa motivasi belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat ditingkat melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan perhatian, keterlibatan, dan minat siswa. Strategi yang berpusat pada siswa, dukungan dari guru, serta penggunaan teknologi yang sesuai, secara signifikan turut berkontribusi dalam membentuk motivasi belajar yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan praktis dan teoritis dalam merancang pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih menarik dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsei

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Studi Edukasi Integratif berfokus pada kajian dan studi dalam bidang pendidikan dengan pendekatan multidisiplin ilmu. Artikel yang diterbitkan membahas berbagai aspek pendidikan dari sudut pandang luas, mencakup integrasi konsep, metode, dan praktik secara menyeluruh dari skala mikro hingga ...