Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 8 (2025): Karimah Tauhid

Analisis Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar: Studi Komparatif Keterampilan Menyimak Membaca, Menulis, dan Berbicara

Naila Putri, Zahra Prameswari (Unknown)
Al Ansor, Pelita Bayhaqi (Unknown)
Asri Humaira, Megan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Kemampuan berbahasa Indonesia merupakan dasar yang sangat penting dalam perjalanan pendidikan dan pertumbuhan karakter siswa sekolah dasar, terutama di kelas atas. Meskipun demikian, terdapat inkonsistensi dalam keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara yang belum sepenuhnya dieksplorasi. Penelitian ini bermaksud untuk menguji dan membandingkan empat kemampuan bahasa Indonesia siswa kelas atas sekolah dasar untuk mengidentifikasi kekuatan utama dan area yang membutuhkan peningkatan. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menggunakan desain deskriptif komparatif untuk penelitian ini. Pengumpulan data melibatkan survei penilaian mandiri bahasa Indonesia yang mencakup lima aspek kemampuan bahasa, serta observasi terorganisir terhadap siswa tingkat atas. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan diilustrasikan melalui representasi grafis dan wawasan kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan, berbicara, dan membaca siswa kelas atas sebagian besar termasuk dalam kategori sangat baik, dengan mayoritas siswa menunjukkan kinerja yang stabil di seluruh indikator kritis. Namun, ada perbedaan di antara individu mengenai reproduksi verbal dan kepercayaan diri public speaking. Penelitian ini mengakui ukuran sampel yang terbatas dan jangkauan sekolah yang sempit, yang berarti temuannya tidak dapat diterapkan secara luas. Implikasi dari penelitian ini bertujuan untuk memberikan landasan untuk menciptakan strategi perbaikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...