Berdasarkan fakta, data dan penelitian terdahulu serta kesenjangan yang ada saat ini, maka peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai “Pengaruh Brand Image, Lifestyle, Word of Mouth dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kopi di MAGIA COFFEE di Jakarta Selatan” Penelitian tersebut Temuan menunjukkan bahwa Citra Merek, Gaya Hidup, Promosi Mulut ke Mulut, dan Pemasaran Digital memberikan dampak besar terhadap pilihan pembelian kopi yang dilakukan di MAGIA COFFEE. Studi tersebut mengungkapkan bahwa Citra Merek memiliki dampak terbesar terhadap pilihan pembelian, diikuti oleh Word of Mouth, Pemasaran Digital, dan Gaya Hidup. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih 93 responden. Kriteria pemilihannya adalah pelanggan yang pernah melakukan pembelian di MAGIA COFFEE tepatnya di lokasi Jakarta Selatan pada bulan Oktober hingga Desember 2023. Data penelitian dianalisis menggunakan SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Citra Merek mempunyai pengaruh yang baik dan besar terhadap keputusan pembelian di MAGIA COFFEE, (2) Gaya Hidup mempunyai pengaruh yang baik dan besar terhadap Keputusan Pembelian di MAGIA COFFEE, (3) Word of Mouth mempunyai pengaruh yang baik dan besar terhadap Keputusan Pembelian di MAGIA COFFEE. dampak besar terhadap keputusan pembelian di MAGIA COFFEE. (4) Pemasaran digital memberikan dampak yang menguntungkan dan besar terhadap keputusan pembelian yang dilakukan MAGIA COFFEE. (5) Variabel Keputusan Pembelian (variabel dependen) mempunyai pengaruh yang kuat dan berarti terhadap variabel Citra Merek, Gaya Hidup, Word of Mouth, dan Pemasaran Digital. Temuan penelitian ini menguatkan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Varidah et al. (2023) yang menyatakan bahwa citra merek berperan dalam membentuk keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan variasi kecil dalam dampak signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian, seperti yang disoroti dalam penelitian yang dilakukan oleh Wowor dkk. (2021). Penelitian mereka menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif namun tidak signifikan secara statistik terhadap keputusan pembelian khususnya Kopi Janji Jiwa di Kota Manado. Lebih lanjut, penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Ulza et al. (2019) yang menyatakan bahwa Word of Mouth mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Copyrights © 2025