Ashlach : Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2023): Ashlach : Journal of Islamic Education (Oktober)

Peran Ekosistem Global dalam Praktik Pembelajaran Berbasis Animasi AI di Lingkungan Pendidikan Islam

Rizki Novitasari, Dwi (Unknown)
Dwi Safitri, Niken (Unknown)
Masodi, Masodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Di era digital ini, pembelajaran berbasis teknologi telah menjadi elemen penting dalam pendidikan, termasuk di lingkungan pendidikan Islam. Namun, penggunaan animasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dalam proses pembelajaran masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya pemahaman tentang potensi teknologi ini dan keterbatasan infrastruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran ekosistem global dalam mengoptimalkan praktik pembelajaran animasi berbasis AI di lingkungan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan meninjau 35 studi yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa 75% studi yang ditinjau menunjukkan bahwa animasi AI dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman materi ajar. Instrumen yang digunakan meliputi artikel ilmiah, jurnal, dan laporan penelitian. Kesimpulannya, animasi AI berpotensi menjadi perangkat yang efektif dalam pembelajaran pendidikan Islam jika didukung oleh ekosistem global yang memadai. Diharapkan hasil penelitian ini dapat mendorong integrasi teknologi AI ke dalam kurikulum pendidikan Islam

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ashlach

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Ashlach : Journal of Islamic Education (p-ISSN: 2988-1277, e-ISSN: 2988-1285) is a biannually published journal in April and October. This journal was published by Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan Indonesia. This journal is intended as a vehicle ...