Benefit : Journal of Bussiness, Economics, and Finance
Vol. 3 No. 2 (2025): BENEFIT: Journal Of Business, Economics, and Finance

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan di E-commerce Studi Kasus di UMKM Kota Kalianda Lampung Selatan

Naqiya, Alfina Zsazsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan platform e-commerce sebagai sarana pemasaran dan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran digital terhadap peningkatan penjualan di e-commerce, dengan studi kasus pada UMKM di Kota Kalianda, Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 60 pelaku UMKM yang aktif berjualan secara online. Hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital (konten promosi, media sosial, harga, dan pelayanan pelanggan) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan. Temuan ini menunjukkan pentingnya penerapan strategi pemasaran yang tepat untuk mengoptimalkan kinerja penjualan UMKM di platform e-commerce.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

benefit

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Benefit: Journal of Business, Economics, and Finance aims to facilitate and promote the inquiry into and dissemination of research results on business, economy, and finance fields. The scope of our Journal Includes: Business Management, Business Economics, Digital Business, Public Economics, ...