Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 3 (2025)

Pengaruh Model STAD Berbantuan Media Tayangan Iklan GO-PAY Indonesia-Kebahagiaan Kecil dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMAN 1 Cikampek

Maulidia, Tia (Unknown)
Suntoko, Suntoko (Unknown)
Dewi Herlina Sugiarti (Unknown)
Seli Mauludani (Unknown)
Siti Masitoh (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Kemampuan literasi dan keterampilan menulis menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan mutu pendidikan. Meskipun demikian, masih ditemukan banyak peserta didik menghadapi hambatan dalam menulis, terkhusus dalam menulis teks negosiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model STAD berbantuan media tayangan iklan GO-PAY Indonesia Kebahagiaan Kecil dalam peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif beserta metode eksperimen serta menerapkan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Cikampek, dengan sampel kelas X-B selaku kelas eksperimen dan kelas X-I selaku kelas kontrol yang tiap-tiap kelompok terdiri dari 32 peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapaai 91,23 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 89,76. Hasil pengujian normalitas juga homogentas pada pretest juga posttest dari kedua kelas memiliki distribusi normal serta bersifat homogen dengan nilai signifikasi > 0,05, maka dapat memenuhi syarat untuk uji hipotesis parametrik Independent Sample T-Test. Selain itu, skor N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 68,39, sedangkan kelas kontrol sebesar 45,15. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test mengindikasikan signifikansi < 0,001, yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antara capaian hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Maka dari itu, hasil yang diambil yaitu menolak Ho dan menerima Ha, yakni model STAD berbantuan media tayangan iklan GO-PAY Indonesia-Kebahagiaan Kecil berpengaruh dalam peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi peserta didik kelas X SMAN 1 Cikampek. Penelitian ini bermanfaat dalam mendorong peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi melalui pembelajaran yang lebih aktif juga kolaboratif. Dengan melibatkan peserta didik di dalam proses belajar tersebut, diharapkan motivasi belajar peserta didik meningkat, keterampilan berpikir kritis terasah, serta kemampuan menyusun teks negosiasi secara terstruktur dan argumentatif dapat berkembang secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...